Embedded (Control) System merupakan subjek yang bersifat multidisiplin, multidimensi dan multiview. Untuk menguasai bidang ini, kita harus memiliki kecakapan dalam banyak bidang keilmuan dan kerekayasaan: Mekatronika, Elektronika, Software, Hardware, Sistem operasi, perkakas-perkakas mental dan pengembang, dan sebagainya-dan sebagainya.
Tidak cukup dengan kemampuan-kemampuan teknis semata, untuk menguasai bidang yang satu ini, kita juga dituntut untuk memiliki kemampuan ber-abstraksi; kemampuan “melihat” sesuatu dari sudut pandang dan dimensi yang berbeda.
Sistem (kontrol) Embedded adalah subjek yang masih belum benar-benar matang, hal ini muncul dari kenyataan yaitu banyaknya istilah dan terminologi yang tidak konsisten dan tidak padu; terkadang satu terminologi digunakan untuk menggambarkan banyak hal yang berbeda dan sebaliknya banyak terminologi digunakan untuk menjelaskan hal yang sebenarnya sama (dan kita disini dituntut untuk terbiasa dengan hal tersebut). Ketidak paduan istilah tersebut pada dasarnya dapat dimaklumi karena Sampai saat ini research yang berkaitan dengan pengembangan sistem Embedded masih terus berlangsung dan dilakukan oleh individu-individu dari berbagai latar belakang disiplin yang berbeda (terutama Hardware Engineering dan Software Engineering)
Tanpa mencoba menarik benang merah dan mengorganisasikan materi pada Mata kuliah Sistem Kontrol Embedded. berikut sejumlah materi yang menurut saya relevan dengan arah perkembangan Sistem (kontrol Embedded) mutakhir:
- Hardware Techology : Microprocessor and Microcontroller, FPGA, ASIC
- Software Development methodology for real time embedded system (semi formal: ward mellor, DART, dsb) : metode, teknik dan perkakas -perkakas pengembang
- Model-model Komputasi: FSM, Statechart, Dataflow, Petri Net
- Real Time Operating System (RTOS)
- Bahasa pengembang konvensional dan formal (bahasa spesifikasi co -design): C, Giotto
Satu hal yang perlu dipahami, materi-materi tersebut diatas tidaklah saling terisolasi, (dan terkadang malah saling tumpang tindih).
0 comments :
Post a Comment